DIY Editor : Danar Widiyanto Selasa, 21 Mei 2019 / 21:40 WIB

4 Maskapai Ajukan Tambahan Penerbangan, YIA Bakal Semakin Ramai

YOGYA, KRJOGJA.com - Menghadapi arus mudik lebaran, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisucipto Yogyakarta empat maskapai mengajukan tambahan penerbangan. AirAsia, Lion Air, Sriwijaya Air dan Expres Air. 

Total ada 22 tambahan penerbangan yang akan dilayani. Sembilan penerbangan dari Bandara Adisucipto dan sisanya yang 13 penerbangan melalui Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulonprogo. Untuk ekstra flight yang di YIA semuanya dilayani oleh Citilink dengan rute Halim Perdanakusuma Jakarta - YIA - Halim Perdanakusuma Jakarta.

Hal itu diungkapkan General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisucipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama dalam media gathering di Omah Dhuwur Restoran Yogyakarta, Selasa (21/5/2019). Sebenarnya dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menginstruksikan untuk arus mudik lebaran di Yogyakarta semuanya diarahkan ke YIA.

"Namun, ada beberapa maskapai yang mengajukan jamnya pada malam hari. Sedangkan operasional di YIA mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Untuk itu kita alihkan ke Bandara Adisucipto," ujarnya.

Untuk rute dalam ekstra flight, di dominasi di Jakarta, Bali, Balikpapan, Makasar, Samarinda dan Pontianak. Agus Pandu menambahkan, untuk operasional keseluruhan di YIA sudah siap untuk menghadapi arus mudik lebaran. Parking stand sudah siap menampung beberapa pesawat, karena jam penerbangannya tidak bersamaan.

Pelayanan SDM siapa untuk 14 flight perhari. Termasuk sarana prasarana transportasi darat sebagai penunjang. Dari pengelola sudah menyiapkan 12 unit DAMRI untuk bawa penumpang ke YIA maupun ke yang lain.

"Selain itu ada 15 shutlequ yang didalamnya termasuk big bus. Ada juga 20 unit taxi agro dan kereta api. Kami sudah berkoordinasi dengan PT KAI untuk menyesuaikan rute dengan jam penerbangan. Termasuk kalau ada ekstra flight, juga akan disediakan jalur kereta dari Stasiun Maguwoharjo dan Tugu. Semuanya berhenti di Stasiun Wojo dan dilanjutkan naik naik bus ke terminal," imbuhnya.(Awh)