Gaya Hidup Agregasi    Rabu, 22 Mei 2019 / 07:48 WIB

Manfaat Air Hidrogen untuk Kesehatan

Kondisi lingkungan turut memengaruhi kesehatan seseorang. Polusi, radiasi, sinar UV, dan lainnya dapat membuat tubuh terpapar radikal bebas. Hal itu tentunya dapat mengancam kesehatan karena radikal bebas merusak sel-sel di dalam tubuh sehingga menghambat kinerja sistem.

Tubuh memerlukan pelindung yaitu antioksidan yang berguna untuk memerangi radikal bebas. Tubuh sebenarnya dapat memproduksi antioksidan sendiri. Namun jumlahnya tidak mencukupi untuk menangkal semua paparan radikal bebas sehingga dibutuhkan pelindung tambahan. Salah satu caranya dengan mengonsumsi air hidrogen.

Mengonsumsi air hidrogen untuk kesehatan telah menjadi gaya hidup dan kebutuhan masyarakat di negara-negara maju seperti Jepang, Korea, serta Amerika. Air hidrogen dikenal sebagai antioksidan yang baik bagi kesehatan, anti-inflamasi, anti alergi, dan bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Sifat dari air hidrogen adalah menangkal radikal bebas.

Dalam sejumlah penelitian, air hidrogen terbukti dapat mencegah berbagai macam penyakit termasuk membantu proses penyembuhan. Menurut spesialis bedah thorak dan kardiovaskular, dr Deddy K. Siahaan, Sp.BTKV, FIHA, air hidrogen dapat mencegah penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan paru. Hal ini dikarenakan zat dalam hidrogen mampu mengikat dan mengeluarkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

"Air hidrogen bertindak sebagai antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas dan mengeluarkan sel-sel kimia pada sel yang rusak. Dengan begitu, sel yang rusak tersebut dapat diperbaiki dan kembali bekerja optimal," ujar dokter yang akrab disapa Deddy itu saat ditemui Okezone dalam peluncuran Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler yang diselenggarakan oleh LiveWell Global, Jumat (17/5/2019).

Menurut sebuah hasil penelitian di Journal Vascular Heart and Risk Management pada 2014 lalu, konsumsi air yang mengandung konsentrasi tinggi, dalam hal ini air hidrogen, secara rutin dapat membantu mempertahankan fungsi pembuluh darah. Air tersebut dapat menetralisir radikal bebas yang menyebabkan aterosklerosis atau masalah pembuluh darah. Selain itu, dalam 2 liter air hidrogen dengan molekul 1200-1500ppb mengandung antioksidan yang setara dengan 1512 buah pisang ditambah 1032 buah apel.

Di sisi lain, air hidrogen dapat membantu proses penyembuhan bagi pasien yang mengalami sumbatan di pembuluh darah. Seperti yang diketahui sumbatan terutama di pembuluh darah koroner dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Sumbatan terjadi karena plak yang menumpuk akibat kadar kolesterol dan gula darah yang terlalu tinggi, serta masalah lainnya.

"Antioksidan dalam air hidrogen dapat membantu mengangkut plak di pembuluh darah satu per satu secara perlahan melalui proses pengikisan. Dengan begitu membantu proses penyembuhan dan diharapkan membantu kinerja pembuluh darah menjadi lebih baik," tandas dr Deddy.  (*)