Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 21 Mei 2019 / 16:27 WIB

Total Oil Indonesia Hadirkan Posko Santai

JAKARTA.KRJOGJA.com - PT Total Oil Indonesia, afiliasi dari grup Total, perusahaan minyak dan gas internasional terbesar keempat di dunia, menghadirkan Posko Santai Total di pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 21 – 22 Mei 2019. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan para pengemudi mengenai pentingnya menjaga kondisi fisik agar tetap prima dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya berkendara dengan aman dan selamat.

Berdasarkan data yang dilansir dari  Polri, terjadi 899 kecelakaan dan menyebabkan 193 orang meninggal dunia sepanjangmusim mudik 2018. Salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan adalah faktor manusia, terutama kondisi lelah dan mengantuk. 

Berkendara dalam kondisi yang tidak fit artinya mengabaikan keselamatan dalam berkendara. Rendahnya kesadaran pengendara akan pentingnya menjaga keselamatan di jalan raya merupakan keprihatinan bagi PT Total Oil Indonesia. 

"Sebagai perusahaan yang menempatkan keselamatan sebagai pilar utama dalam kebijakannya, Total mewujudkan komitmennnya dengan kembali menghadirkan Posko Santai Total," ujar Yordi Subekti, HSEQ (Health, Safety, Environment, and Quality) Manager PT Total Oil Indonesia, Selasa (21/05/2019).

Posko Santai Total merupakan sebuah komitmen untuk terus memberikan  penyuluhan mengenai safety-driving dan sosialisasi kepada pengemudi mengenai betapa pentingnya menjaga kondisi fisik yang baik saat berkendara, mengenalkan apa itu “blind spot” dan bahayanya serta pentingnya menjaga jarak aman dengan kendaraan lain 

Yordi Subekti mengungkapkan, “PT Total Oil Indonesia terus berkomitmen untuk melakukan edukasi keselamatan kepada masyarakat. Salah satunya yang terbaru adalah menghadirkan Posko Santai Total yang tujuannya memberikan tempat beristirahat yang nyaman untuk para pengemudi kendaraan besar khususnya bis dan truk, yang setiap hari melakukan perjalanan jauh.

Selain sebagai tempat beristirahat, Posko Santai Total juga menyelipkan edukasi keselamatan berkendara bagi para pengemudi. "Terutama mengenai pentingnya menjaga kondisi fisik serta informasi mengenai blind spot," jelas Yordi.

Tahun ini merupakan kedua kalinya PT Total Oil Indonesia menyelenggarakan kegiatan edukasi bagi para pengemudi truk dan bus. Pada tahun 2018, acara serupa diadakan di Pelabuhan Merak, Banten dengan konsep serupa.Posko Santai Total menawarkan ruang beristirahat yang nyaman dan diperuntukkan bagi pengendara bis dan truk yang akan melakukan perjalanan jauh, antar kota bahkan antar provinsi. 

Beberapa fasilitas yang tersedia di Posko Santai Total antara lain pemeriksaan kesehatan gratis, kursi pijat untuk relaksasi para pengemudi, dan tidak lupa aneka makanan ringan untuk bekal pengemudi berbuka puasa. Diharapkan kehadiran Posko Santai Total ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman pengemudi terhadap pentingnya menjaga keselamatan selama berkendara dan pada akhirnya langkah kecil ini dapat memberikan dampak positif terhadap perilaku berkendara secara umum. (Imd).