Peristiwa Editor : Ivan Aditya Selasa, 21 Mei 2019 / 16:16 WIB

MK Persilakan Prabowo - Sandi Ajukan Gugatan

JAKARTA, KRJOGJA.com - Mahkamah Konstitusi (MK) mempersilakan pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menggugat hasil Pilpres 2019 ke MK. Calon nomor urut 02 itu berencana menggugat hasil penghitungan suara Pilpres 2019 ke MK.

"Ya, silakan kalau benar mau mengajukan. MK siap melayani dan memproses permohonan sesuai ketentuan hukum acara," ujar juru bicara MK Fajar Laksono, Selasa (21/05/2019).

Fajar mengatakan, gugatan melalui MK sejatinya memang menjadi satu-satunya jalur konstitusional untuk menyelesaikan perselisihan hasil pemilu. Prabowo-Sandi memiliki waktu hingga 24 Mei mendatang untuk mendaftarkan gugatan tersebut. "(Hasil penghitungan) diumumkan Selasa, maka tenggat waktu pengajuan permohonan Rabu, Kamis, Jumat, pukul 24.00 WIB," katanya.

Prabowo-Sandi sebelumnya disebut telah memutuskan akan mengajukan gugatan ke MK. Untuk saat ini kubu Prabowo akan menyiapkan segala dokumen pendukung gugatan tersebut.

Fajar di kesempatan berbeda mengatakan pengajuan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pada Pemilu 2019 ini berbeda dengan pilkada serentak. Tak ada syarat jumlah atau presentase selisih perolehan suara antarcalon untuk melayangkan gugatan sengketa Pemilu 2019 ke MK. (*)