Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 21 Mei 2019 / 16:41 WIB

PT se Jateng Kirim Pesan Moral Terkait Pemilu

SEMARANG,KRJOGJA.com- Para pimpinan perguruan tinggi (PT) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Jawa Tengah di kampus Undip Senin sore (20/5/2019) mengeluarkan pesan moral enam poin menyikapi situasi terkini terkait pemilu. 

Acara dihadiri 80 pimpinan PT se Jateng termasuk Rektor Unnes Propf Dr Fathur Rokhman MHum dan dan Ketua LLDikti Jateng Prof Dr DYP Sugiharto MPd Kons.

Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum kepada pers menyatakan 6 poin 'Pesan Jawa Tengah Untuk Indonesia' tersebut di antaraya agar bangsa Indonesia menganut prinsip budaya luhur bangsa dengan musyawarah mufakat.   

“Mendukung peran TNI, Polri, Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi untuk tetap bersikap netral dan tidak memihak pihak manapun yang sedang berkontestasi dalam pemilu. Mendorong penyelesain yang segera, adil dan konsisten serta tegas berdasarkan hukum yang berlaku terhadap setiap pelanggaran yang terbukti secara hukum yang dilakukan pihak manapun” ujar Prof Yos Johan.

Poin lainnya, mendorong semua pihak bersikap, berpikir, berucap, bertindak yang dilandasi nilai rahman dan rahim mengedepankan sikap kasih sayang kepada sesasama daripada sikap arogansi, sebagaimana nilai luhur masyarakat Jawa Tengah “Surodiro Jayaningrat Lebur dening Pangestuti”. (sgi)