Jateng Editor : Ivan Aditya Selasa, 21 Mei 2019 / 14:35 WIB

Jalur di Boyolali Siap Tampung Arus Pemudik

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Berbagai persiapan dan fasilitas untuk pemudik yang melintasi Boyolali, baik di jalan arteri maupun jalan tol, terus disiapkan agar pemudik nyaman dan aman. Untuk di jalan arteri jalur Solo - Semarang serta di jalur alternatif dari Boyolali ke arah Klaten, Magelang dan Sragen, akan ada sembilan pos, terdiri dari empat pos pantau dan lima pos pengamana.

Pos tersebut diantaranya dibangun di wilayah Ampel, Ngemplak, hingga di wilayah Selo. Sementara untuk di jalur tol, dibangun rest area dengan menggunakan kontainer, tepatnya di KM 148 di wilayah Desa Teras, Tawangsari, yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap untuk kenyamanan pemudik, diantaranya toilet, mushola, kios UKM, minimarket, hingga depo BBM.

"Pengalaman tahun sebelumnya, kalau menggunakan kayu atau tenda akan terbang saat ada angin kencang. Sehingga rest area sekarang menggunakan kontainer yang lebih kuat dan lebih rapi," kata Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Febriani Aer, saat melakukan pemantauan kesiapan rest area di jalur tol, Selasa (21/05/2019).

Diperkirakan pada 27 Mei nanti, rest area tersebut sudah bisa beroperasi dan bisa dimanfaatkan pemudik. "Nanti kita akan berkoordinasi lagi untuk operasionalnya," katanya.

Terkait pengamanan pemudik, baik di jalur tol maupun di jalur arteri serta jalur alternatif, pemantauan akan dilakukan dengan berbagai stakeholder, diantaranya petugas kesehatan, dinas perhubungan, serta TNI. Menurut Febriani, kesiapan jalur mudik saat ini sudah mencapai 80 persen, termasuk berbagai peralatan seperti water barrier serta rencana rekayasa arus untuk mengurai titik kemacetan.

Ia pun memgimbau pengemudi untuk berhati-hati saat berkendara, dimana titik rawan kecelakaan di jalur arteri di Boyolali berada di wilayah Ampel yang kontur jalannya naik turun. Sementara di jalur tol, pengemudi harus mematuhi batas kecepatan berkendara dengan batas maksimal 80 km/jam. (Gal)