DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 21 Mei 2019 / 14:40 WIB

Persiapan Mudik, Dishub Sleman 3 Jalur Alternatif

SLEMAN, KRJOGJA.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman menyiapkan tiga jalur alternatif untuk lebaran 2019. Jalan Gito Gati dan Jalan Tempel-Turi yang saat ini masih ditutup karena ada pengerjaan jembatan juga akan dibuka pada H-10 nanti.

Jalur pertama adalah arah Solo dari simpang tiga Jalan Magelang-Tempel. Melalui Simpang 3 Jalan Magelang Tempel - Jalan Tempel Turi - Jalan Turi Pakem - Jalan Pakem Cangkringan - Jalan Cangkringan Ngemplak - Jalan Ngemplak Kalasan - Jalan Kalasan Prambanan - simpang Proliman. Kedua arah Klaten dari Jalan Pakem. Simpang 3 Pokoh - Simpang 3 Koplak - Simpang 3 Umbulmartani - Simpang 4 Banjarharo. 

Ketiga, arah Wates atau Purworejo dari simpang Palbapang Tempel. Simpang 4 Palbapang Tempel - Simpang 4 Cemoro - Simpang 4 Gendol - Simpang 3 Banyurejo - Simpang 4 Balangan - Simpang 4 Gedongan.

Kepala Dishub Sleman Mardiyana menjelaskan, semua jalur alternatif yang disiapkan dalam kondisi siap dilalui pengendara. Dari ketiga jalur tersebut, diprediksi yang akan padat dilalui kendaraan yang dari Solo menuju Proliman ke utara.

"Kami sudah melakukan pengecekan dia jalur-jalur alternatif tersebut dan semuanya dalam kondisi siap dilalui kendaraan. Meskipun ada beberapa yang belum diaspal karena masih dalam proses pengerjaan. Namun sudah bisa dilewati," katanya ketika ditemui KRJOGJA.com, Selasa (21/5).

Dishub juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Sleman guna memastikan kondisi jalan. Apakah ada yang berlubang atau tidak. Sejauh ini, tidak ada. Hanya masih ada beberapa yang aspalnya tambal sulam.

Mardiyana juga mengungkapkan, untuk jalan yang saat ini masih ditutup karena ada pengerjaan akan bisa dilalui pada H-10 hingga H+10 nanti. Seperti Jalan Gito Gati, Jalan Tempel Turi serta simpang empat Kenthungan yang masih dalam proses pengerjaan underpass. (Awh)