Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 21 Mei 2019 / 12:22 WIB

Pemudik Diprediksi Serbu Jalan Tol Trans Jawa

JAKARTA, KRJOGJA.com - CEO Toll Road Business Group Krist Ade Sudiyono di Jakarta Senin (20/5 2019) mengatakan  keberadaan jalan tol Trans semakin  mempercepat dan mempermudah pemudik menuju kampung halaman. Dibandingkan tahun lalu, jumlah pemudik yang melalui jalur tol Trans Jawa  diperkirakan akan mengalami peningkatan.

Menurut Ade ASTRAvInfra sebagai grup usaha infrastruktur yang telah berkontribusi di tol Trans Jawa sepanjang 338,6 km senantiasa memiliki komitmen memberikan layanan jalan tol yang aman, nyaman dan lancar.

Krist Ade Sudiyono mengatakan  untuk mewujudkan mudik lewat jalan tol yang aman, nyaman dan lancar, ASTRA  Infra grup melalui BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) Tangerang-Merak, Cikopo Palimanan, Semarang-Solo dan Jombang-Mojokerto telah menyiapkan berbagai  inspirasi layanan mudik. Inspirasi layanan mudik yang dilakukan meliputi operasional, kompetensi Sumber  Daya maupun infrastruktur diantaranya fasilitas TIP (Tempat Istirahat dan  Pelayanan), kualitas jalan. 
“Dengan persiapan yang menyeluruh di ruas tol ASTRA Infra diharapkan mudik lebaran tahun ini dapat berjalan lebih baik dari tahun  sebelumnya” ujar Krist. 

Terkait usulan Jasa Marga (Persero) guna memberi diskon tarif tol untuk mudik Lebaran 2019 sebesar 10%, akan berlaku secara serentak di seluruh jalan tol yang sudah operasional, Ade menjelaskan wancana diskon itu memang saat ini sedang diskusikan di Asosiasi Jalan Tol. 

"Wancana kita adalah apakah tahun ini kita seluruh operator jalan tol berniat untuk memberikan diskon tarif. Sampai dengan hari ini wancana itu masih terus didiskusikan."

Untuk diketahui,  sehubungan dengan sudah terkoneksinya jalan Tol Trans Jawa, pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku operator jalan Tol Trans Jawa akan memperpanjang diskon tarif tol hingga Lebaran 2019. Saat ini Tol Trans Jawa dibuka dengan panjang jalan mencapai 965 kilometer ditambah tiga seksi ruas Pandaan-Malang sepanjang 31 kilometer. "Posko siaga Astra yang berada di TIP KM 68 B dan Pos Kesehatan 24 Jam ASTRA Tol Tangerang-Merak yang berada di TIP KM 68 AB dan GT Merak," tutur dia.
Dia menambahkan bahwa Astra Tol Tangerang-Merak memprediksi adanya kenaikan trafik kendaraan periode H-7 sampai dengan H+7 sebanyak 15,69% kendaran. Pada puncak arus mudik H-5 diproyeksikan sebanyak 173.900 kendaraan yang akan melintas Tol Tangerang-Merak. 

"Hal ini meningkat sebesar 19,3% dari rata-rata harian normal. ASTRA Tol Tangerang-Merak memastikan semua layanan tersebut disosialisasikan dengan baik melalui seluruh perangkat media," pungkas dia.(ati)