Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 20 Mei 2019 / 23:05 WIB

Jayakarta Seruduk Mobil dan Motor di Purwosari


SOLO, KRLRJOGJA.com - Empat orang mengalami luka berat akibat tabrakan kereta api ( KA) Jayakarta Premium dengan satu mobil dan empat unit sepeda motor di pintu perlintasan Purwosari, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Senin (20/5/2019) malam.

Menurut saksi mata pengemudi ojek online (ojol) Niko warga Tegal harjo RT 02 RW 01 Purwosari, Laweyan, Solo awalnya ada loko tanpa gerbong dari arah stasiun Purwosari, melintas melalui rel KA menuju ke arah Yogya, pintu perlintasan sempat tertutup. Setelah loko berlalu , pintu perlintasan terbuka baru separuh, ada mobil Yaris nomor polisi B 1992 EKZ dari arah Timur masuk akan menyeberangi rel kereta api.

Namun baru sampai dekat rel kereta api tiba-tiba mesin mobil mati. Tiba-tiba dari arah Timur kereta api Jayakarta rute Jember ke Cirebon , nomor loko 7063 C melintas. Tak ayal mobil Yaris dan empat sepeda motor tertabrak kereta api Jayakarta.

Mobil terseret hingga 50 meter. Kereta Api Jayakarta sempat mundur kembali ke stasiun Purwosari yang berjarak hanya 200 meter dari tempat kejadian perkara (TKP).

Sementara itu Eko Budianto Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta yang dikonfirmasi wartawan melalui telepon mengatakan masalah pintu perlintasan di perlintasan Purwosari masih diklarifikasi. "Namun sesuai Undang-Undang republik indonesia nomor 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian rel kereta api itu jalur khusus kereta api sehingga kalau ada kendaraan lain melintas di rel K.A, itu tidak dibenarkan secara hukum," ujarnya.

Sementara Iptu Bambang Subekti Kanit Laka Lantas Polresta Solo mengatakan empat korban belum diketahui identitasnya mengalami luka berat dievakuasi, dua orang dirawat di RS Panti Waluyo dan dua orang dirawat di RS PKU Muhammadiyah.(Hwa).