DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 21 Mei 2019 / 06:36 WIB

33 Proposal UAD Lolos Penilaian Belmawa Kemenristek Dikti


YOGYA, KRJOGJA.com - Sebanyak 33 buah proposal mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan lolos penilaian dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristek Dikti.  Lolosnya penilaian ini sebenarnya tidak lepas dari strategi yang dilakukan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center, di bawah naungan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Proposal yang lolos bernilai unik, kreatif, inovatif dan solutif kaitannya revolusi industri 4.0. 

Demikian diungkapkan Danang Sukantar MPd selaku Kepala Bidang Pengembangan Kemahasiswaan Bimawa UAD dan Defry Rahmad Susanto (Ketua PKM Center UAD) di Kantor Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, kampus 1 UAD, Jalan Kapas, Semaki, Senin (20/05/2019). 

Dijelaskan Danang, sebenarya dari UAD mengirimkan 257 proposal dari sekitar 400 kuota yang diharapkan dari UAD. Dari 33 proposal itu meliputi, penelitian eksakta, sosial humaniora,  teknologi, karsa cipta, pengabdian masyarakat. "Dari 33 proposal ditangani 33 tim. Setiap proposal nilainya Rp 6 juta sampai Rp 10 juta," kata Defry. PKM Center dengan tim pembina Dr Ndang Darmawan MSi Apt, Dr Widodo Hariyono MKes dan Anton Yudhana PhD.

Dijelaskan Defry, untuk bisa lolos memang tidak serta merta. "Sejak semester 2 mahasiswa memang sudah dilatih, dibina dari mulai menggali ide yang unik, kreatif, inovatif dan solutif dari 40 program studi yang ada, sampai menyusun proposal," ujar mahasiswa Teknik Elektro semester 6.

Untuk bisa menghimpun ide-ide PKM memang jauh-jauh hari disosialisasikan, dilakukan pelatihan sampai jadi proposal yang sesuai standar Belmawa Kemenristek Dikti. (Jay).