Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 20 Mei 2019 / 15:42 WIB

Kopong Miswa Berkhasiat Mencegah Kanker

PURWOREJO (KRJogja.com) – Kreativitas mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) mampu menghasilkan produk makanan yang ternyata berkhasiat mencegah kanker.

Produk yang dilabel Kopong Miswa ini merupakan produk makanan hasil inovasi mahasiswa UMP masing-masing Yayang Dela Puspita Ayu (Prodi PGSD), Siti Nur Latifah (Prodi Manajemen), Adita Kurniawati (Prodi Manajemen), Ika Fitri Islamiyah (Prodi Manajemen), dan Intan Lestari (Prodi Pend. Matematika).

Kopong Miswa ini merupakan hasil inovasi dari kue lompong dengan tambahan ekstrak kulit manggis dan susu kambing etawa. Produk ini sudah tidak diragukan lagi mengenai rasa dan khasiatnya karena sudah lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti tahun 2018. “Produk ini mampu menjadi makanan alternatif untuk pencegah kanker dengan harganya yang sangat terjangkau yakni Rp. 2.000,” kata Yayang Dela Puspita Ayu selaku ketua tim PKM, Senin (20/5).

Kopong Miswa ini katanya, diproduksi sebagai upaya melestarikan makanan khas Kabupaten Purworejo khususnya kue lompong dengan inovasi menambah varian yang berbeda. “Terbukti dengan upaya ini kami mampu menarik minat konsumen dan memasarkan produk ini kepada pelancong yang singgah di beberapa tempat wisata di Purworejo, mereka tertarik mencobanya karena varian rasa yang berbeda dan khasiat yang kami tawarkan,” tandas Yayang Dela Puspita Ayu.

Ketertarikan dengan produk ini juga dibuktikan dengan mengalirnya pesanan hingga luar daerah.

Suyoto MPd selaku dosen pembimbing tim PKM Kopong Miswa mengaku bahwa produk ini menjadi sebuah inovatif yang sekaligus memiliki khasiat sebagai pencegah kanker. Produk inovasi kue lompong dengan ekstrak kulit manggis dan susu kambing etawa ini juga menjadi gebrakan baru dalam pelestarian makanan khas daerah Purworejo yang kini mulai tidak diminati orang. (Nar)