Gaya Hidup Editor : Agus Sigit Kamis, 13 Juni 2019 / 01:48 WIB

Alang-alang Lawan Keluhan Prostat

KELUHAN kesehatan kelenjar pada pria yang terletak pada pangkal zakar, mengelilingi leher kandung kemih dan uretra atau saluran kemih bagian luar sering disebut prostat. Beberapa ramuan alami diyakini membantu melawan keluhan kesehatan ini.

Seperti dikutip dari Harianmerapi.com, satu di antaranya memanfaatkan 15 gram sambiloto dan 60 gram akar rumput alang-alang. Cara membuat ramuannya, semua bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Hasilnya disaring dan diminum dua kali sehari, masing- masing cukup 150 cc. Selain itu bisa juga menggunakan bahan 60 gram krokot segar, 30 gram pegagan serta 15 gram daun dewa. Cara membuat ramuannya, semua bahan direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu disaring dan hasilnya diminum dua kali sehari, masing-masing cukup 200 cc.

Bahan alami akar alang-alang bisa juga membantu mengatasi kram otot dan sering kesemutan. Dengan kata lain bisa bermanfaat dalam terapi gangguan syaraf serta ikut memperlancar peredaran darah. Lain halnya jika teh seduh berbahan alang-alang dipadu sidaguri, tapak liman dan daun dewa memiliki khasiat seperti membantu menggempur asam urat, pegal-linu dan reumatik. Beberapa jenis minuman segar pun cocok diberi akar alang-alang.

Penggunaan secara tunggal, misalnya menggunakan bagian akar maupun rimpang alang-alang. Ramuan dari akar alang-alang antara lain untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu meredakan rasa nyeri maupun peluruh air seni. Penggunaannya bisa secara sederhana seperti cukup merebus akar serta rimpang alang-alang yang sudah kering. Hasilnya disaring dan diminum tiga kali, pagi, siang dan sore hari. Meski tampak sepele, ternyata rumput alang-alang memiliki banyak manfaat kesehatan. (Yan)