Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 19 Mei 2019 / 23:50 WIB

Wisata Jeruk Sumber Soneyan Kini Mulai 'Diburu'

PATI, KRJOGJA.com - Ribuan orang dari berbagai daerah menyerbu Desa Sumber Soneyan Kecamatan Margoyoso, Minggu (19/5/2019). Mereka datang dengan menggunakan mobil pribadi, atau sepeda motor, ternyata ingin berebut mendapatkan jeruk. 

Wisata jeruk digelar di petak milik Maftukin (44) Desa Sumber Soneyan. Para wisatawan langsung boleh memetik sendiri buah jeruk dari pohon. Bagi yang tidak sedang melaksanakan puasa, tentu saja, merupakan kesempatan mencicipi aneka rasa jeruk secara gratis. 

"Cita rasanya sangat legit," ujar Likah, pengunjung asal Trangkil. 

"Jeruk ini ditanam 4 tahun lalu. Sebelum tahun 1990an, jeruk Sumber Soneyan merajai pasar buah Jakarta. Tetapi karena ada penyakit CVPD, kemudian mematikan jeruk" tutur sang pemilik lahan, Maftukin. 

Pada musim 2019 ini, buah jeruk yang siap panen baru dari Dukuh Sumber. Namun pada tahun mendatang, dipastikan tanaman yang dari Dukuh Clangap dan Kedungpanjang juga sudah bisa dipanen hasilnya. 

Selain menjajakan jeruk, paket wisata buah di Sumber Soneyan, setiap harinya juga menawarkan pepaya berbagai jenis ukuran jumbo.(Cuk)