Gaya Hidup Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 19 Mei 2019 / 13:36 WIB

5 Barang Penting Naik Gunung yang Wajib Dibawa Pendaki Pemula

JIKA dulu kegiatan mendaki gunung hanya diminati oleh kalangan tertentu, kini kegiatan memacu adrenalin tersebut mulai diminati oleh banyak orang. Bahkan, banyak perempuan juga yang mulai  menggeluti hobi ini. 
Nah, kalau kamu baru mau mencoba mendaki gunung, ada banyak hal yang mesti kamu persiapkan terlebih dahulu.
 
Bukan hanya persiapan fisik semata, tapi kamu juga harus mempersiapkan perlengkapan naik gunung secara detail. Jangan sampai ada barang yang terlewat sebab kalau sampai ada satu barang yang tertinggal, nyawa adalah taruhannya. Supaya kegiatan mendaki gunung kamu berjalan lancar, yuk, mulai persiapkan semua perlengkapan ini satu per satu.

1. Sepatu hiking
Jangan mentang-mentang mau tampil stylish di puncak gunung kamu jadi mengabaikan barang satu ini, ya. Jalur pendakian yang licin dan terkadang berbatu mengharuskan kamu untuk menggunakan sepatu khusus mendaki gunung. Memiliki desain yang kokoh dengan pijakan yang nyaman, sepatu gunung akan membuat langkah para pendaki menjadi lebih lancar bahkan saat mendaki medan yang licin sekali pun.
 
Tak perlu takut tergelincir karena sepatu gunung memiliki daya cengkram yang lebih kuat. Selain itu, bahan sepatu juga telah dirancang dengan bahan yang kuat terhadap berbagai cuaca sehingga akan melindungi kaki kamu secara maksimal. Kalau kamu belum punya sepatu hiking, sebaiknya mulai browsing internet untuk menemukan sepatu gunung yang cocok untukmu. Tapi sebelum itu, pastikan kalau sudah membeli paket internet simpati biar bisa browsing internet seharian. 
 
2. Tas gunung (carrier)

Setiap orang yang akan mendaki gunung dianjurkan untuk menggunakan tas gunung atau carrier untuk menampung semua perlengkapan naik gunung yang bisa dibilang sangat banyak. Pilis tas gunung yang anti air (waterproof) untuk melindungi semua perlengkapan dari guyuran hujan. Sebaiknya, gunakan carrier yang berwarna cerah agar kamu mudah dikenali oleh pendaki lain. Hal ini akan sangat membantu ketika kamu tersasar di dalam hutan.
 
3. Sleeping bag

Tenda saja tidak cukup kalau kamu ingin menghalau suhu dingin pegunungan. Bawalah sleeping bag biar tidur kamu lebih nyaman dan merasa lebih hangat. Ada dua macam sleeping bag yang bisa kamu pilih. Hal yang pertama terbuat dari serat sintetis dan yang kedua terbuat dari bulu angsa. Walau pilihan yang kedua dinilai lebih efektif dalam menghangatkan badan nyatanya sleeping bag jenis ini lebih merepotkan ketika basah. Sleeping bag bahan serat sintetis punya kemampuan mengering lebih sepatu sehingga lebih ringan saat dibawa walau basah terkena hujan sekali pun.
 
4. Headlamp
Barang selanjutnya yang harus kamu persiapkan adalah headlamp. Ingat, visibilitas di atas gunung tak dapat diprediksi. Meski mendaki saat siang hari, kabut mungkin saja mengganggu penglihatan kamu. Oleh sebab itu, selalu sediakan headlamp di dalam carrier. Tak perlu membawa headlamp yang mahal yang terpenting bisa menyinari medan pendakian. Pastikan kalau tombol pengaktifannya berfungsi serta baterai dapat bertahan lama.
 
5. Jas hujan dan jaket gunung
Perlu kamu ketahui kalau cuaca di gunung cenderung berkabut dan sering turun hujan. Maka dari itu, selalu sediakan jas hujan untuk menghindari guyuran hujan dan terpaan angin. Selain jas hujan, kamu juga diharuskan membawa jaket gunung untuk menghangatkan tubuh ketika cuaca mulai dingin. Pilih jaket gunung yang ringan saat dipakai seperti jaket gunung model hybrid yang kini tengah tren di kalangan para pendaki.
 
Nah, jadi sudah tahu, kan, perlengkapan naik gunung apa saja yang harus dipersiapkan? Jangan sampai ada satu barang yang tertinggal, ya!