Peristiwa Editor : Ivan Aditya Sabtu, 18 Mei 2019 / 06:13 WIB

KPK Periksa Agus Martowardojo

JAKARTA, KRJOGJA.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai saksi untuk mantan Anggota DPR RI Markus Nari. Dari mulut Agus, KPK ingin mendapat keterangannya sewaktu masih jadi Menkeu guna mendalami anggaran pengadaan paket penerapan e-KTP yang berujung pada korupsi.

"Penyidik mendalami keterangan saksi terkait anggaran pengadaan Paket Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan ketika saksi menjadi menteri keuangan RI," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Sementara itu, seusai diperiksa KPK, Agus menjelaskan soal penganggaran dan penggunaan mekanisme multi years dalam proyek e-KTP kepada penyidik KPK. Terkait ini, Agus 'lempar bola' dengan mengatakan bahwa perencana dan pelaksana anggaran merupakan kewenangan kementerian teknis, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri.

"Jadi ini juga disampaikan bahwa di dalam UU itu jelas bahwa secara formal, secara materiil itu tanggung jawab anggaran ada di kementerian teknis dalam ini di Kementerian Dalam Negeri. Bahwa kemudian Kementerian Dalam Negeri membahas anggarannya dengan DPR itu juga adalah proses anggaran," kata Agus.

Kemenkeu, kata Agus hanya sebagai pengelola fiskal dan bendahara umum negara. Sedangkan Kemendagri merupakan pengguna anggaran.

"Kalau sebagai pengguna anggaran, menteri adalah harus yang merencanakan, melaksanakan tanggung jawab atas anggaran. Tanggung jawab daripada kementerian teknis ada di perencanaan, pelaksana dan pertanggung jawaban," katanya. (*)