DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 18 Mei 2019 / 01:12 WIB

Tradisi Unik Para Siswa Mainkan Sepak Bola Api

SLEMAN, KRJOGJA.com - Para siswa SDIT Salsabila Klaseman Ngaglik Sleman pada tiap bulan Ramadan memiliki tradisi unik yakni sepak bola api. Melalui permainan ekstrem ini para siswa dilatih untuk berani serta memberikan pemahaman tentang api.

"Dengan permainan ini, mereka tahu bahwa api itu panas jika tersentuh kulit dan besok di akhirat ada yang namanya api neraka maka dengan bermain bola api ini menyentuh saja terasa panas," kata Kepala SDIT Salsabila 2 Klaseman, Muhammad Zaelani disel kegiatan, Jumat ( 17/05/2019).

Sepak bola api ini merupakan agenda rutin sekolah sejak tahun 2004. Meski nampak berbahaya, para siswa nampak sangat menikmati permainan. Hampir selama 30 menit permainan berlangsung, para siswa tidak henti-hentinya dan tak menunjukkan rasa takutnya.

Dengan kaki telanjang mereka tangkas memainkan bola. Sementara bola api yang dipergunakan merupakan kelapa yang direndam semalaman dengan minyak tanah lalu dibakar.

"Sedikit ekstrim memang, makanya sebelum acaranya dimulai para siswa kami kasih arahan. Sewaktu menendang dengan kaki telanjang mereka tangkas memainkan bola dari kaki ke kaki tekniknya dengan didorong," katanya.

Salah satu siswa bernama Barak Al-izza Bilhaq menuturkan, permainan sepak bola api sudah dinanti sebelum bulan Ramadan. Selain menantang, sepak bola api memiliki sensasi dibanding sepak bola pada umumnya."Senang banget bisa main bareng teman-teman. Seperti ada gregetnya gitu," ujarnya. (Ive)