Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Jumat, 17 Mei 2019 / 22:22 WIB

Sistem Elektronik Dipakai Catat Manifest Penumpang ASDP

BIODATA penumpang akan tercatat dalam manifest kapal, yang akan diuji coba pertama kali dalam arus mudik 2019, di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

KTP atau SIM pemudik akan di-scanner oleh alat khusus, yang langsung menampilkan identitas penumpang.

"Akurasinya (Pendataan manifest), kita sudah menggunakan (scanner) e-KTP dan bisa merecord nama sesuai manifest, berdasarkan (peraturan) IMO (International Maritim Organization atau organisasi pelayaran internasional)," kata Solikin, General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, seperti ditulis Jumat (17/5/2019).

Sistem baru pendataan penumpang atau manifest yang sebelumnya masih manual, menjadi elektronik, Solikin memastikan tidak akan membuat pemudik menumpuk hingga keluar pelabuhan.

Menurut mantan GM Pelabuhan Ketapang ini, bagi yang belum memiliki KTP, akan diketik secara manual. Sedangkan bagi anak-anak yang belum memiliki kartu identitas, maka namanya akan dimasukan sesuai nama orang tuanya.

Sedangkan bagi penumpang bus dan kendaraan pribadi yang dinaiki banyak orang, masih menggunakan sistem lama, hanya di catat jenis kendaraan, pelat nomor dan jumlah penumpangnya. Ini karena masih terbentur dengan waktu dan penyempurnaan teknis sistem pendataan penumpang, yang kini menggunakan scanner kartu identitas.

"Dengan teknologi baru (scanner manifest), dengan sistem baru, lebih cepat dengan hitungan 8 detik. Menggunakan alat dari telkom, sebagai sinergitas BUMN," terangnya.

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak mengaku tidak akan memberangkatkan kapal, jika tidak menyelesaikan manifest penumpang.

Pihaknya menjamin, data penumpang untuk arus mudik kali ini akan lebih akurat, karena menggunakan digitalisasi dan tidak terjadi salah ketik atau human error. Sedangkan terdahulu, pendataan penumpang masih dilakukan secara manual.

"Di ahir nanti ada alat khusus, scanner daripada tiket itu, nanti memilah penumpang naik kapal mana," ujar dia.(*)