Jateng Editor : Danar Widiyanto Jumat, 17 Mei 2019 / 16:01 WIB

Bebas Polusi, Kendaraan Bermotor Dilarang Masuk Kawasan KRIB

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) di Kemiri, Mojosongo, menjadi kawasan yang bebas polusi dan ramah lingkungan, sebab kendaraan berbahan bakar fosil seperti mobil serta sepeda motor tidak diperbolehkan masuk kawasan KRIB.

Sejak diresmikan beberapa waktu lalu, pengunjung yang bersafari di taman seluas 8,9 hektare tersebut hanya dibolehkan dengan berjalan kaki, naik sepeda kayuh, atau menggunakan kendaraan ramah lingkungan lain. Meski sudah dibuka untuk umum selama berbulan-bulan, sampai saat ini KRIB gratis dikunjungi dengan waktu buka jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Syaratnya, pengunjung wajib menjaga kebersihan dan kelestarian alam serta kenyamanan pengunjung.

"Sejak awal sudah ditetapkan, KRIB bebas polusi. Pengunjung bisa berkeliling dengan jalan kaki atau dengan sepeda kayuh," kata Seksi Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali, Budi Listiyono, Jumat (17/5/2019).

Bagi yang terlalu malas jalan kaki, sambungnya, pengunjung bisa membawa sepeda sendiri dari rumah atau menggunakan sepeda yang sudah disiapkan pihak KRIB sebanyak 60 unit.

Dengan moda ramah lingkungan yang tersedia, selain bisa menikmati ribuan koleksi pohon, taman tematik bambu, buah, dan obat, ada juga wahana seperti air terjun buatan, embung, berbagai patung, hingga labirin. Rencananya, akan dibangun juga gardu setingg 15 meter untuk menikmati KRIB dari ketinggian.

Fasilitas penunjang seperti lokasi parkir, toilet, serta mushala juga sudah tersedia. "Taman KRIB terus berbenah dengan menambah fasilitas agar pengunjung nyaman," pungkasnya.(Gal)