Jateng Editor : Danar Widiyanto Jumat, 17 Mei 2019 / 13:10 WIB

Pemilu Rampung, Penderita Gangguan Jiwa di Purworejo Melonjak

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Tjitrowardojo Kabupaten Purworejo drg Gustanul Arifin MKes menandaskan, bahwa jumlah pasien penderita gangguan jiwa yang dirawat di rumah sakit ini mengalami lonjakan cukup signifikan. Bahkan dalam bulan-bulan terakhir, jumlah pasien jiwa di Purworejo menduduki ranking pertama di Jawa Tengah setelah sebelumnya hanya berada di urutan ketiga.

“Bangsal rawat inap di rumah sakit khusus untuk penderita gangguan jiwa selalu penuh,” katanya, Jumat (17/3/2019).

Dalam rapat kerja (raker) bidang kesehatan tahun 2019, Gustanul Arifin menjelaskan, bahwa para pasien penderita gangguan jiwa ini, tidak bisa lepas dari perawatan secara intensif, juga pemantauan secara ritin. “Pemantauan para pasien pasca pengobatan dilakukan dengan membentuk wadah paguyuban para eks penyandang gangguan jiwa. Mereka setiap hari Jumat keempat berkumpul, untuk kegiatan bersama,” katanya.

Menurut Gustanul Arifin, hingga kini jumlah anggota paguyuban ini sudah mencapai sekitar 400 orang. Jumlah ini akan terus meningkat, seiring dengan meningkatnya jumlah pasien jiwa yang dirawat di RSUD yang dipimpinnya.

Dengan cara perkumpulan itu lanjut Gustanul Arifin, kesehatan jiwa mereka akan terkontrol. “Jika ada keluhan sedikit terkait dengan penyakitnya, akan segera terdeteksi dan tidak sampai parah,” tandasnya.(Nar)