DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 17 Mei 2019 / 12:22 WIB

DIY Waspadai Lonjakan Harga Telur dan Daging Ayam

YOGYA, KRJOGJA.com - Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) DIY merilis hasil pantauan hingga hari ke-11 Ramadhan, Jumat (17/5/2019). Beberapa bahan makanan seperti daging dan telur ayam menjadi perhatian tersendiri bagi Pemda DIY terutama mendekati Lebaran. 

Sekda DIY yang juga sekretaris TPID Ir Gatot Saptadi mengatakan pihaknya mencermati pola kenaikan harga sejak beberapa tahun terakhir yang mana daging dan telur ayam menjadi komoditi naik jelang Lebaran.  "Saat ini harga masih stabil naik turun sedikit tapi kita perlu cermati karena dari pola tahun-tahun lalu akan naik jelang Lebaran, ini yang perlu kita cermati untuk telur dan daging ayam,” ungkap Gatot pada wartawan di Pasar Beringharjo Jumat (17/5/2019). 

Tercatat saat ini harga telur ayam berada dalam kisaran Rp 22 ribu per kilogram dan daging ayam Rp 33 ribu per kilogram sementara daging ayam kampung Rp 70 ribu per kilogram. “Nanti sangat mungkin ada operasi pasar atau langkah lain untuk menstabilkan harga apabila benar-benar terjadi kenaikan seperti yang kita prediksi,” tandas Gatot. 

Terkait harga bawang putih yang dua minggu lalu melambung, Kementrian Perindustrian telah melakukan operasi pasar dan membawa efek positif dan meredam kenaikan harga saat ini menjadi Rp 32 ribu per kilogram. Sementara operasi pasar sendiri saat ini dihentikan karena harga yang relatif menurun. 

Dinas Pertanian, Bulog, dan Satgas Pangan Polda DIY dalam kesempatan tersebut juga menyatakan kesiapan untuk menyambut Lebaran 2019. Masyarakat pun diminta tak panik membeli dalam jumlah besar lantaran stok pangan yang diklaim siap mencukupi kebutuhan baik masyarakat maupun pendatang yang hendak menghabiskan libur Lebaran di DIY. (Fxh)