Ekonomi Editor : Agung Purwandono Kamis, 16 Mei 2019 / 15:49 WIB

Mau Menang di Pemasaran Online, Pahami Pskologi Konsumen

YOGYA, KRJOGJA.com - Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memasarkan produk atau jasanya melalui internet sudah menjadi keharusan. Sangat penting untuk memahami tentang segment market serta teknik yang harus dilakukan saat mempromosikan secara online.

Salah satu yang saat ini banyak digunakan untuk mempromosikan usaha adalah saluran media sosial facebook melalui platform facebook ads. Jogja Business Lab yang memberi kesempatan bagi UMKM untuk belajar tentang pemasaran melalui media sosial dengan menyelenggarakan pelatihan yang mendatangkan mentor dan trainer yakni Rifki Ali Hamidi, Client APAC Facebook.

Dalam kesempatan ini Rifki memberikan beberapa pemaparan terkait jenis-jenis layanan iklan yang disediakan oleh facebook. Selain itu, Rifki juga memberikan beberapa review terkait kesalahan orang dalam mengelola iklan melalui facebook.

“Untuk memposting sebuah gambar iklan di facebook, ada rahasianya. Semua komponen harus mendukung dengan target audience yang di bidik," kata Rifki dalam siaran pers yang diterima KRJogja.com, Kamis (16/5/2019).

Menurut Rifki, selama ini, kebanyakan orang bermain di demografi saja, dan melupakan bahwa hari ini, persaingan bisnis terletak pada psikologi konsumen.

“Iklan hari ini, sama seperti hal nya bisnis kita, memberikan solusi untuk orang yang butuh. Kalau kita menembak mereka secara psikologi dan behaviour, kemungkinan besar akan terjadi closing deal,” kata Rifki.

Lebih lanjut Rifki mengatakan, di era digital, semua pasar ada. "Tinggal kita memasang target, orang seperti apa yang akan kita bidik, suka mengakses web apa, suka chat tentang apa dan lain sebagainya. Facebook sudah memiliki data untuk itu dan bisa kita maksimalkan,” papar Rifki.

Jeffri, salah satu peserta pelatihan, owner dari JF Autowear mengatakan pelatihan facebook ads membantunya untuk memahami pemasaran online. Selain itu dengan peserta yang tidak terlalu banyak, ia bisa maksimal dalam belajar dan praktek sembari didampingi  pelaku yang sudah teruji.

Perkembangan dunia digital memang tidak bisa di pungkiri. Gaya dan cara berbelanja para konsumen pun sudah mulai bermigrasi dari offline ke online. Hal inilah yang menjadi perhatian oleh Jogja Business Lab yang merupakan bagian dari  Bio Hadikesuma Management Training & Consulting.

Melalui JBL, UMKM dikumpulkan dan mendapat pelatihan bagaimana memasarkan produk mereka. “Tantangan era industi 4.0, membuat orang akan berperang dengan data psikologi. Kalau tidak dimulai dari sekarang, pastinya kita hanya akan menjadi penonton,” kata Bio Hadikesuma, founder dari Jogja Business Lab. Pelatihan facebooks ads sendiri untuk UMKM berlangsung beberapa kali selama bulan Mei 2019. (*)