DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 16 Mei 2019 / 15:10 WIB

Produk UKM di YIA Harus Utamakan Produk Lokal

YOGYA, KRJOGJA.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY memperjuangkan dan memprioritaskan agar produk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bisa ditampilkan di Yogyakarta International Airport (YIA). Kehadiran berbagai produk UKM yang memiliki keunikan tersendiri dan berkualitas inilah yang justru bisa menunjukkan wajah kelokalan DIY di YIA.

Ketua Kadin DIY GKR Mangkubumi mengatakan, UKM yang bisa didisplay di YIA yang utama adalah kualitas yang harus bagus kemudian memiliki keunikan tersendiri dan betul-betul merupakan produk lokal DIY. Sementara ini, produk-produk UKM yang ditampilkan di YIA masih diprioritaskan dari Kulonprogo, baru dari kota dan tiga kabupaten lainnya atas nama Pemda DIY.

"Kami mencoba agar UKM ini bisa dipajang di bandara YIA, karena kami melihat kebanyakan bandara itu belum ada UKM yang menampilkan wajahnya di bandara. Jika UKM bisa ditampilkan di bandara, kami minta lokasinya yang strategis di dekat gate agar wajah kelokalan DIY bisa tampak karena yang dipromosikan selalu pariwisata selama ini," papar GKR Mangkubumi.

GKR Mangkubumi menilai promosi produk-produk UKM di bandara masih kurang alias belum optimal. Padahal dengan adanya produk-produk kelokalan dari UKM itu menjadi wajah tersendiri di bandara YIA. Dalam hal ini, Kadin DIY mengapresiasi PT Angkasa Pura I (Persero) yang sudah memfasilitasi UKM DIY tampil sementara di lima titik di YIA dan baru dipastikan permanen pada 2020 mendatang. (Ira)