Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 16 Mei 2019 / 15:21 WIB

Polisi Tetap Kawal Kantor KPU Temanggung

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Kepolisian Resort Temanggung tetap menjaga ketat gedung KPU kabupaten setempat meski pencoblosan dan rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten telah berakhir. 

Kepala Polres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan penjagaan oleh Polri dan TNI pada KPU hingga pentahapan pemilu benar-benar dinyatakan berakhir atau selesai. " Tiap hari ada setidaknya 15 personel Polri dan sejumlah personel TNI yang menjaga KPU. penjagaan selama 24 jam," kata Wiyono, Kamis (16/5).

Dia mengatakan penjagaan diantaranya pada kotak suara yang didalamnya berisi surat suara hasil pemilihan umum. Logistik tersebut dijaga jangan sampai hilang atau adanya kerusakkan terutama pada surat suara. Pasalnya belum ada penetapan ditingkat nasional, apakah pemilu di Temanggung dinyatakan tidak ada permasalahan. "Kami konsentrasi jaga keamanan di wilayah Temanggung agar tetap kodusif, penjagaan di KPU juga tetap prioritas," katanya.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois mengatakan rekapitulasi tingkat nasional dijadwalkan selesai pada 22 Mei mendatang dan KPU akan menunggu hingga 3 hari kemudian untuk dapat menetapkan hasil pemilu. " Tiga hari adalah masa pengajuan sengketa pemilu pada MK, jadi kami menunggunya. Jika Temanggung tidak masuk dalam gugatan baru dapat ditetapkan," katanya

Perolehan DPRD Kabupaten Temanggung hasil penghitungan KPU, PDIP mendapatkan 9 kursi atau naik 2 kursi dibanding perolehsn skursi di pemilu 2014, PKB 7 kursi (naik 1 kursi), Golkar 6 (naik 1 kursi), Gerindra 5 kursi (naik 1 kursi), PPP 5 kursi ( naik 1 kursi), PAN 5 kursi ( tetap ), PKS 3 kursi ( tetap), Nasdem 2 kursi ( berkurang 2), Hanura 2 kursi ( berkurang 2) dan  Demokrat 1 kursi ( berkurang 2). (Osy)