Jateng Editor : Ivan Aditya Kamis, 16 Mei 2019 / 14:17 WIB

Satpol PP Tertibkan Tower Seluler

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Puluhan tower seluler yang dibangun di sejumlah titik di wilayah  Kabupaten Purworejo ternyata tidak dilengkapi dengan izin. Sebagian terpaksa disegel dan bahkan ada yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap karena sudah diputus oleh Pengadilan Negeri (PN) Purworejo.

“Kami petakan masih ada sekitar 50-an  dari 172 tower yang tidak berizin berdiri di Purworejo,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran dan Pelindungan Masyarakat (Satpol PP Damkar dan Linmas) Purworejo Budi Wibowo SSos MSi, Kamis (16/05/2019).

Satpol PP Damkar dan Linmas menurut Budi Wibowo, juga baru saja melakukan penyegelan terhadap bangunan tower milik PT Protelindo di Rt 03/Rw 02 Dukuh Krajan Desa Kaliharjo Kecamatan Kaligesing. Bangunan tower yang sudah dibangun sekitar 80 persen  itu ternyata juga belum mengantongi izin.

“Ini seringkali terjadi karena pengurusan izin tidak hanya dilakukan satu orang. Ada beberapa komponen yang harus diajukan izin, tapi masing-masing diajukan oleh orang yang berbeda,” papar Budi Wibowo.

Petugas lanjut Budi Wibowo, seringkali kecolongan karena pihak perusahaan membangun tower di berbagai tempat, hingga pelosok pedesaan. “Sebenarnya prosedur perizinan tidak sulit, sepanjang semuanya sudah memenuhi persyaratan. Hanya saja karena untuk mendirikan satu tower itu ada beberapa perizinan yang harus dipenuhi, sering kali tidak lengkap,” tambahnya.

Persoalan yang sering dihadapi karena tidak ada koordinasi antarbagian yang mengurus perizinan, sehingga begitu mendapat kontrak kerja langsung dibangun, padahal izin lainnya belum turun. (Nar)