DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 16 Mei 2019 / 10:31 WIB

Hingga Lebaran Harga Bawang Merah Bakal Stabil

BANTUL, KRJOGJA.com - Harga bawang merah di pasaran diprediksi tidak akan mengalami lonjakan sampai Lebaran mendatang. Hal ini karena persediaan distributor kini sangat melimpah. Apalagi di daerah Kretek dan sekitarnya sudah mulai masuk panen raya. Jika terjadi kenaikan mungkin masih dalam taraf kewajaran.

Sulami, salah satu distributor bawang merah di Kios Pasar Tobayan Tirtosari Kretek Bantul mengatakan untuk sekarang ini harga bawang merah kualitas terbaik kisaran Rp 20.000 hingga Rp 22.000 per kilogram. "Untuk bawang merah ukuran sedang Rp 15.000 atau Rp 17.000, sudah dapat," ujarnya.

Sulami mengatakan, khusus di Bantul mungkin tidak terjadi gejolak harga hingga Lebaran karena bulan ini sudah ada beberapa lokasi di Kretek mulai panen raya. Asek II Pemda DIY Tri Saktiana, mengatakan khusus harga bawang merah di tingkat distributor Rp 20.000 per kilogram. Sehingga saat sampai di pedagang pasar harganya mencapai Rp 23.000 hingga Rp 25.000 per kilogram.

Sementara Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul menjamin stabilitas harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok seperti bawang putih, bawang merah, cabe merah, telur ayam, daging ayam, daging sapi, gula, beras dan kebutuhan barang lainnya selama Lebaran. "Kami akan menjamin ketersediaan dan kesetabilan harga kebutuhan pokok di Bantul, menghadapi hingga pasca Lebaran 2019," tegas Kabid Sarana Prasarana Distribusi Perdagangan, Dinas Perdagangan Bantul Jendro Darmoko ST MT. (Roy/Jdm)