DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 16 Mei 2019 / 10:15 WIB

Harga Daging Sapi Diprediksi Meroket H-7

BANTUL, KRJOGJA.com - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY melakukan pemantauan di Pasar Bantul khususnya di Depot Daging Sapi. Hingga saat ini harga daging sapi di pasaran masih stabil di Rp 120.000 perkilogram. Meski demikian diprediksikan harga daging sapi pada H-7 hingga H-4 akan meroket hingga tembus Rp 135.000 perkilogram.

"Untuk kenaikan harga tersebut biasanya pada daging jenis kelas 1. Sementara daging kelas 2 saat ini mencapai Rp 100.000 perkilogram diprediksikan naik tetapi tidak begitu tinggi," jelas pemilik Depot Daging Sapi Sumilir Novi Setyawan.

Stok daging sapi menjelang pertengahan Ramadan ini, menurut Novi masih aman. Ketersediaan tercukupi dan belum ada tambahan permintaan. Setiap hari ia mengaku bisa menjual daging sapi segar sampai satu kwintal. "Menjelang Lebaran biasanya tambah tiga kali lipat. Sampai tiga kwintal," tambahnya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana, menambahkan tinjauan ke Pasar Bantul ini dalam rangka memastikan stok dan harga bahan pangan di Kabupaten Bantul. "Harga yang dulu sempat tinggi kini semakin bergerak normal namun harus diwaspadai kondisi jelang Lebaran terutama H-7 terkait ketercukupan komoditas minyak, terigu gula dan sebagainya," urainya.

Sementara di lintas arus mudik seperti di Jalan Wates dan sebagainya disiapkan SPBU 24 jam. Bupati Bantul Drs H Suharsono, mengatakan inflasi yang terkendali merupakan syarat pertumbuhan ekonomi daerah yang stabil. Diungkapkannya penanganan inflasi yang selama ini dilihat dari pasar harus diubah dan dimulai dari sektor produksi. (Aje)