Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 16 Mei 2019 / 11:10 WIB

Unnes Ciptakan Mobil Irit, 131 KM/Liter

SEMARANG,KRJOGJA.com - Tim mobil irit bahan bakar Universitas Negeri Semarang (Unnes) “Pandawa” berhasil merah peringkat 8 pada lomba mobil teririt Shell Eco-Marathon Asia 2019 yang digelar di Sepang International Circuit, Malaysia awal bulan ini.

Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan) Fakultas Teknik Dr Wirawan Sumbodo MT dan Ketua Tim Pandawa Fajar Satrio Aji kepada pers di kampus setempat Rabu (15/5) menyatakan Pandawa berlaga di kategori Urbanconcept ICE. Mobil ini bisa irit bahan bakar dengan efisiensi 131 km/liter bahan bakar.

“Hasil tahun ini peringkat 8 meningkat lebih baik karena tahun 2017 dan 2018 peringkat 12 dan 11. Pada tahun ini pula, Pandawa terpilih menjadi perwakilan Indonesia dalam Opening Ceremony sekaligus mewakili 26 tim asal perguruan tinggi Indonesia di ajang bergengsi tahunan SEM-Asia se Asia ini. Ajang tahun ini diikuti 18 negara dengan total 120 tim lewat dua kategori yaitu prototype dan urban concept. Untuk kelas bahan bakar, terdapat tiga kelas yaitu Internal Coumbustion Engine (ICE), Battery Electric, dan Hidrogen” ujar Dr Wiwaran Sumbodo. (sgi)