DIY Editor : Agus Sigit Rabu, 15 Mei 2019 / 20:31 WIB

Sri Sultan Hadiri Peringatan HUT Kabupaten Sleman Ke-103

SLEMAN, KRJOGJA.com - Acara puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sleman ke 103 dilaksanakan di Lapangan Denggung Rabu (15/05/19) siang tadi. Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Bupati Sleman, Sri Purnomo.

Kegiatan yang digelar hingga sore tadi berjalan begitu meriah. Pantauan KRJOGJA.com, para Brogojo dari Kabulaten Sleman telah mewarnai lapangan Denggung. Kiranya lebih dari 100 Brogojo yang telah ikut berpartisipasi.

Gubernur Hamengku Buwono X mengatakan, dalam peringatan Sleman kali ini, semoga budaya-budaya Jawa Yogyakarta yang ada di Kabupaten Sleman menjadi turun temurun dan diwariskan kepada generasi muda. "Kebudayaan Jawa asah isih asuh di masyarakat Yogyakarta," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya. Rabu (15/05/19).

Menurut Sri Sultan, selaras dengan seni Kolosal Lokapala, Guyub rukun (bersatu bareng-bareng) antar warga Yogyakarta dapat menuju kerohanian masyarakat. Terlebih lagi setelah pesta demokrasi pada 17 April kemarin. Pun mengimbau kepada masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila bukan hanya sekedar wacana.

"Mendekati 22 Mei 2019 banyak sekali tindakan yang tak semestinya dilakukan. Oleh karena itu, kepada masyarakat untuk memegang nilai yang ada di pancasila yaitu kebhinekaan," tambahnya.

Dalam kegiatan HUT ke-103 Kabupaten Sleman juga diselenggarakan upaca peringatan hari jadi Sleman yang langsung dipimpin oleh Sri Sultan. Dilanjutkan dengan pelepasan burung Merpati. Data yang diperoleh sebanyak 103 burung yang dilepas sesuai dengan usia dari Sleman. (Ive)