Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Rabu, 15 Mei 2019 / 20:50 WIB

Situs Wikipedia dalam Semua Bahasa Diblokir China

CHINA, KRJOGJA.com - Otoritas China telah memblokir penuh situs Wikipedia dalam segala bahasa sejak April lalu, lapor pengelola situs ensiklopedia multibahasa tersebut, pekan ini.

Peneliti sensor internet menemukan bahwa Wikipedia telah bergabung dengan ribuan situs web lainnya yang tidak dapat diakses di China, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Rabu (15/5/2019).

Sebelumnya, China diketahui telah melarang tayangnya situs Wikipedia dalam bahasa Mandarin, namun kini pemblokiran tersebut diperluas hingga ke seluruh bahasa yang digunakan.

Induk perusahaan Wikipedia, Wikimedia Foundation, mengaku tidak menerima pemberitahuan apapun dari pemerintah China tentang pemblokiran tersebut, hingga kemudian terdeteksi akhir bulan lalu.

Dalam sebuah pernyataan, Wikimedia mengatakan: "Pada akhir April, Wikimedia Foundation menetapkan bahwa Wikipedia tidak lagi dapat diakses di China. Setelah menganalisis dengan cermat laporan lalu lintas internal kami, dapat dikonfirmasi bahwa Wikipedia telah diblokir di semua versi bahasa."

Ensiklopedia yang disunting secara gratis oleh berbagai komunitas ini kerap kali diblokir oleh banyak pemerintah di seluruh dunia.

Pada 2017, situs itu diblokir di Turki dan telah diblokir beberapa kali di Venezuela, tahun ini.(*)