DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 15 Mei 2019 / 11:17 WIB

Jembatan Winongo Belum Bisa Selesai Saat Lebaran

BANTUL, KRJOGJA.com - Perbaikan jembatan Winongo di Jalan Yogya-Bantul, dipastikan pada Liburan Lebaran 2019 belum bisa selesai, sehingga akan berpengaruh terhadap kelancaran lalu lintas selama Lebaran. Karena itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul berkoordinasi dengan Satlantas Polres Bantul, Dinas PUPKP , Satpol PP Bantul mulai melakukan rencana rekayasa arus lalu lintas untuk menghadapi Lebaran.

Kepala Dishub Bantul, Aris Suharyanta SSos MSi didampingi Kabid Lalu Lintas, Agus Jaka Sunarya SE menjelaskan dengan keberadaan jembatan Winongo yang sekarang masih dalam proses perbaikan dan dipastikan belum dapat selesai hingga musim liburan, maka upaya untuk kelancaran lalu lintas selama Lebaran, pihaknya akan mengoptimalkan jalur alternatif yang ada di Bantul. Untuk mengurangi kepadatan lalu lintas mudik yang masuk Bantul, dari arah Jalan Wates dimasukkan ke jalur Sedayu-Pajangan masuk Wijirejo.

Dari Wijirejo yang mau masuk Bantul diarahkan lewat jembatan Sindon ke timur, sedangkan pemudik yang masuk ke Kota Yogyakarta bisa lewat Bangunjiwo Kasihan. Sementara arus mudik yang masuk Bantul lewat jembatan Srandakan akan terganggu adanya Pasar Tiban di Mangiran yang sudah merupakan acara tradisi setiap Lebaran.

Untuk memperlancar arus lalu lintas di jalur Bantul-Srandakan dari arah barat dialihkan lewat JJLS. Petugas Dishub Bantul mulai Rabu kemarin mulai mempersiapkan sarana pengaturan lalu lintas, terutama petunjuk arah dan pembatas jalan darurat.

Menurut Kepala Dishub Bantul, arus lalu lintas menjelang Lebaran di Bantul pada umumnya tidak mengalami kemacetan, kecuali di jalur wisata, seperti Jalan YogyaParangtritis. "Justru terjadi kemacetan pada arus balik, dari H+3 hingga H+7," jelasnya. (Jdm)