DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 15 Mei 2019 / 13:59 WIB

Siswa SMPN 1 Berbah Ditanamkan Karakter Cinta Budaya

SLEMAN, KRJOGJA.com - Memperingati HUT ke-103 Kabupaten Sleman, SMPN 1 Berbah mengadakan upacara bendera di sekolah setempat, Rabu (15/05/2019). Pada kesempatan itu, seluruh siswa, guru, karyawan dan kepala sekolah mengenakan pakaian adat Yogya.

Menurut Kepala SMPN 1 Berbah Siti Chalimah SPd MPd, hal ini dilakukan untuk melestarikan budaya Jawa. Disamping itu juga untuk mendukung sebagai sekolah cagar budaya dan sekolah berbasis budaya.

"Di era milenial ini, banyak diantara anak muda yang mulai tidak kenal budaya. Karena itu kami coba menanamkan kembali karakter cinta budaya pada peserta didik kami. Kebetulan gedung sekolah ini bekas peninggalan zaman kolonial Belanda dan sudah ditetapkan sebagai sekolah cagar budaya sekaligus sekolah berbasis budaya," terangnya.

Usai upacara, pihak sekolah juga mengumumkan dua siswa dan satu guru yang baru saja mendapatkan juara pada perlombaan tingkat kabupaten. Yakni Annisa Sari Rahmawati siswi kelas 8 yang menyabet juara I Lomba Peragaan Busana Kartini kategori usia 12-26 tahun gelaran Dinas Pariwisata Sleman.

"Kemudian salah satu guru kami Gendra Widyaningrum SPd juara II diajang yang sama untuk kategori usia 27 tahun keatas. Sedang satu siswa lainnya yaitu Hudzaifah berhasil juara II Lomba Cipta Puisi Tingkat SMP/Mts se-Kabupaten Sleman," jelas Siti Chalimah. (Adk)