Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 15 Mei 2019 / 14:14 WIB

Satgas Pangan Siap Tindak Tegas Penimbun Sembako

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Satgas Pangab Polres Purworejo menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah distributor sembako, pedagang pasar dan toko modern di Kota Purworejo, Rabu (15/05/2019). Polisi memantau harga dan stok pangan.

Dalam sidak tersebut, polisi tidak menemukan indikasi kecurangan dilakukan pedagang dan distributor. "Pantauan kami, tidak ada tindakan mengarah ke pidana seperti penimbunan dan penjualan produk yang tidak layak konsumsi," ujar Kapolres Purworejo AKBP Indra K Mangunsong SH SIK MSi, kepada KRJOGJA.com, disela sidak.

Kondisi harga pangan juga cenderung stabil memasuki sepertiga bulan Ramadan. Bahkan untuk beberapa komodityas mengalami penurunan harga.

Kondisi tersebut, katanya, berbeda dengan ketika menjelang puasa dua minggu lalu. "Sempat ada kenaikan yang cukup signifikan beberapa waktu lalu, kami ikut memantau barangkali ada dugaan penimbunan, tetapi tidak ada karena kenaikan itu terjadi lantaran lonjakan permintaan," terangnya.

Kapolres juga membawa jajarannya memantau toko modern. Kapolres menegaskan, pantauan dilakukan untuk mengecek apakah ada barang kedaluwarsa yang akan dijual sebagai parsel lebaran. Polisi juga tidak mendapati produk kedaluwarsa dijual toko tersebut.

Menurutnya, satgas pangan yang dimiliki kepolisian ikut bertanggung jawab memantau kondisi Purworejo. Pantauan ketat, katanya, juga untuk mengingatkan pengusaha untuk mengedepankan kejujuran dalam berbisnis bahan pangan. "Jangan menimbun, menjual produk kedaluwarsa atau barang sudah busuk. Kalau nekat, akan terancam pidana," tegasnya. (Jas)