Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 15 Mei 2019 / 16:52 WIB

276 Siswa MA An-Nawawi Kembali ke Pesantren

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sebanyak  276 siswa Madrasah Aliah (MA) An-Nawawi Berjan Kabupaten Purworejo kembali ke pesantren. Mereka telah berhasil menyelesaikan pendidikan formal tingkat aliah.

“Masih banyak program pendidikan di pesantren yang belum mereka selesaikan, sehingga selepas dari MA, kita kembalikan lagi ke pesantren,” kata Kepala MA An-Nawawi Purworejo Sahlan SAg MSI di sela-sela pelepasan dan penyerahan siswa/siswi MA An-Nawawi  angkata XVI 2019 di halaman madrasah setempat, Selasa (14/5) sore.

Menurutnya, siswa MA An-Nawawi yang mencapai 1.086 siswa ini mayoritas para santri di Pondok Pesantren (PP) An-Nawawi. Mereka yang berasal dari berbagai daerah, termasuk dari luar Jawa pada tujuan utamanya nyantri di pesantren asuhan KH Achmad Chalwani Nawawi. “Namun demi kebutuhan pendidikan dan kemajuan bidang lain, mereka diminta untuk tetap menempuh pendidikan formal, meskipun masih berada di lingkungan pesantren,”  jelas Sahlan.

Diakui, daya tarik dari madrasah yang dikelolanya ini, berada di lingkungan pesantren dan mayoritas siswanya berasal dari pesantren. “Memang ada beberapa yang tujuan utamanya ke pesantren, namun karena sesuatu hal akhirnya keluar dan memilih bermukim di luar pesantren, namun untuk pendidikan formalnya tetap di sini,” tambah Sahlan. (Nar)