Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Rabu, 15 Mei 2019 / 04:10 WIB

Sering 'Batuk', Kementerian ESDM Tingkatkan Pengawasan Beberapa Gunung Api

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kementerian ESDM dalam hal ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) akan meningkatkan pengawasan dan penjagaan gunung-gunung berapi di Indonesia jelang Idul Fitri 1440 H.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani dalam keterangannya kepada media menyebutkan, pihaknya akan menambah jumlah pos dan tenaga pengawas di beberapa gunung yang berpotensi mengalami erupsi selama periode lebaran 2019.

"Kami tentunya telah menempatkan semua pos di Indonesia. Ini pos-pos gunung api. Semua pos ada pengamat," kata dia, Selasa (14/5/2019).

Dia mengungkapkan, di beberapa gunung tertentu pengawasan dilakukan sangat insentif sebab memiliki potensi aktivitas berapi.

"Pos-pos kami tambahkan untuk gunung-gunung tertentu yang memang mungkin erupsi itu kami tambahkan tim ahli," ujar dia.

"Beberapa gunung tersebut adalah Sinabung, Gunung Agung, Krakatau, Bromo dan sebagainya," dia menambahkan.

Selain itu, dia mengatakan, pihaknya juga meningkatkan pengawasan terhadap potensi bencana lainnya serta longsor di beberapa daerah.

"Kami sudah petakan kawasan bencana, daerah-daerah mana yang berbahaya juga peta kawasan tanah longsor dalam satu bulan ke depan. Semua informasi dapat dilihat di webiste kami dan aplikasi Magma ada gunung api, longsor dan sebagainya," ujar dia.(*)