Peristiwa Editor : Ivan Aditya Selasa, 14 Mei 2019 / 17:50 WIB

Amerika Bakal Kirim 120 Ribu Pasukan ke Iran

AMERIKA, KRJOGJA.com - Amerika Serikat disebut tengah merencanakan opsi militer untuk menghadapi ancaman Iran, termasuk mengerahkan 120 ribu personel ke Timur Tengah. Pelaksana Menteri Pertahanan AS, Patrick Shanahan, mempresentasikan rencana itu dalam rapat pejabat tinggi pertahanan di Gedung Putih pada Kamis pekan lalu.

Sejumlah pejabat anonim yang ikut dalam rapat menuturkan Shanahan memberikan tinjauan umum tentang rencana Pentagon tersebut. Sementara itu, Panglima Angkatan Bersenjata AS, Jenderal Joseph Dunford, turut merinci sejumlah opsi pengerahan pasukan dalam rapat tersebut.

"Opsi teratas menyerukan pengerahan 120 ribu pasukan, yang akan membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk diselesaikan," bunyi laporan.

Rencana Pentagon terhadap Iran ini disebut dibuat semakin detail dalam rapat tersebut. Beberapa pejabat senior AS mengatakan strategi ini menunjukkan betapa bahaya ancaman dari Iran.

Sementara itu, sejumlah pejabat AS lainnya, yang lebih mendukung resolusi diplomatik dalam menghadapi Iran, menganggap pengerahan pasukan ini hanya taktik menakuti Iran. (*)