DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 13 Mei 2019 / 15:00 WIB

PDIP DIY Siap Akui Kemenangan Prabowo Bila KPU RI Umumkan Resmi

YOGYA, KRJOGJA.com - Adanya klaim kemenangan Prabowo-Sandi dengan persentase hingga 62 persen, ditambah seruan people power apabila pasangan tersebut tak menang mendapat tanggapan santai dari Partai PDI Perjuangan yang mengusung Jokowi-Maruf Amin. PDI Perjuangan DIY bahkan siap mengakui kemenangan Prabowo-Sandi apabila nantinya KPU RI mengumumkan hal tersebut secara resmi 22 Mei 2019.

Ketua DPD PDI Perjuangan DIY Bambang Praswanto mengungkap pihaknya tak mau ambil pusing menanggapi klaim kemenangan tim pasangan 02 yang beberapa waktu terakhir disampaikan. Menurut dia, hal tersebut sangat wajar karena tiap tim memiliki perhitungan sendiri yang layak dihormati.

“Pihak 02 menyatakan menang itu hak masing-masing dan nantinya akan diuji di hasil KPU termasuk kalau ada sengketa pemilu ada MK sesuai saluran perundangan. Kami kalau hasil akhir nanti berbeda (Prabowo-Sandi menang) maka tetap akan menghormati hasil akhir KPU RI dan mengakui kemenangan dengan besar hati,” ungkap Bambang dalam temu pers Senin (13/5/2019).

Meski demikian melihat hasil akhir KPU DIY, dengan raihan 69,03 persen total suara, PDI Perjuangan DIY meyakini pasangan Jokowi-Maruf Amin akan memenangkan pilpres 2019 yang diumumkan 22 Mei mendatang oleh KPU RI. Hasil survei beberapa lembaga termasuk hitung cepat menurut Bambang memperkuat keyakinan kemenangan tersebut.

“Kami yakin Jokowi-Amin menang, sudah sejak tahun lalu di mana ada survei UGM juga. Pak Jokowi ini kader kami yang terbaik, menggandeng KH Maruf Amin yang punya kemampuan keulamaan dan akademis juga kemasyarakatan. Ada dwitunggal yang sangat sempurna dan kami yakin pasti menang,” sambung Bambang.

Dari hasil rekapitulasi KPU DIY, secara keseluruhan pasangan Jokowi-Amin mendapatkan total 1.655.174 suara (69,03 persen) di DIY. Sementara, pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan total 742.481 suara (30,97 persen).

“Jumlah ini meleset sedikit tapi tidak masalah masih sesuai plus minus dari target. Terpenting target suara juga saya sampaikan awal 650 ribu dan saat ini dapat 654 ribu jadi sangat sesuai target dan tak masalah,” pungkas Bambang. (Fxh)