DIY Editor : Agus Sigit Senin, 13 Mei 2019 / 13:47 WIB

Harga Bumbu Dapur di Pasar Beringharjo Mulai Turun

YOGYA, KRJOGJA.com - Setelah melonjak pada beberapa Minggu lalu, harga bumbu dapur seperti cabai dan bawang putih di pasar Beringharjo Yogyakarta kini berangsur turun. Lurah pasar Beringharjo Timur, Sigit Widodo mengatakan beberapa harga bumbu dapur untuk saat ini turun karena persedian atau stok barang pemasok banyak. 

Jika sebelumnya harga bawang putih menembus Rp. 60 ribu perkilogram, belakangan ini terus menurun. Bawang putih kating sebelumnya diharga Rp. 43 ribu kini menjadi Rp. 36 ribu perkilogram, untuk Sincu dari Rp. 37 ribu menjadi Rp. 32 ribu perkilogram.

"Hari ini komoditas bumbu dapur pada turun karena stoknya sudah banyak. Termasuk bawang putih dan cabai," katanya, Senin (12/05/19).

Perkembangan serupa berlaku untuk harga jual Cabai diantarnya cabai rawit merah saat ini turun dari Rp 25.000 menjadi Rp 20.000 per kilogram. Harga jual cabai kriting saat ini berkisar 27.000 menjadi Rp. 23.000 perkilogram. Menurut Sigit, penurunan harga jual bisa jadi akan naik kembali jika stok pemasok berkurang kembali. 

Untuk stok bumbu dapur, sebenarnya relatif mencukupi jika digunakan untuk sementara waktu. Meski demikian, Sigit mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli dengan jumlah yang berlebihan karena takut naik kembali. Karena pihaknya sedang berupaya harga kebutuhan pokok untuk kembali normal.

"Memang besok bisa saja harganya sudah berubah lagi. Tapi diusahakan untuk berbagi dengan yang lain. Jadi pembeliannya enggak harus langsung banyak, secukupnya saja. Semuanya tergantung stok dan permintaan," pungkasnya. (Ive)