Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 13 Mei 2019 / 13:35 WIB

Anak Korban Kekerasan Butuh Rumah Aman

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Rumah aman bagi anak korban kekerasan sangat dibutuhkan, mengingat di Kabupaten Purworejo hingga kini kebutuhan perlindungan anak itu belum ada. Bahkan seringkali anak yang mengalami kasus ini diungsikan di rumah aman di luar daerah.

“Kita memang belum memiliki rumah aman bagi anak. Bahkan kendaraan khusus untuk menghadirkan anak jika dibutuhkan di persidangan juga belum ada,” kata kata Sri Susilowati SE dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak  (P2TP2A Puspita Kabupaten Purworejo, Senin (13/5).

Dalam Workshop Perlindungan Anak Korban dan Anak Saksi yang digelar Ikatan Hakim Indonesia (Ikahi) Pengadilan Negeri (PN) Purworejo bersama Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Kabupaten Purworejo di Aula PN Purworejo Sri Susilowati menadaskan bahwa lembaganya yang selama ini berupaya melindungi anak korban kekerasa sering mengalami berbagai kendala. Padahal anak korban kekerasa ini sangat membutuhkan perlindungan. “Perlindungan itu sangat dibutuhkan agar mereka tidak menjadi korban yang terulang,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Kanit PPA Satreskrim Polres Purworejo Iptu Setiyo Raharjo SH MH menambahkan, di Purworejo sebenarnya jumlah kasus tindak pidana yang melibatkan anak cukup tinggi. Bahkan dalam beberapa kasus, pihaknya sering mendapati adanya tekanan atau intimidasi terhadap anak korban atau anak saksi. “Disini pendirian Rumah Aman sangat penting bagi Purworejo. Sehingga pada saat proses hukum berjalan mereka tetap bisa hadir,” jelasnya. (Nar)