Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 13 Mei 2019 / 09:25 WIB

Saat Berbuka Puasa, Rumah Wiryoman Ludes Terbakar

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Rumah penduduk Dusun Banaran Sawur Desa Gemantar, Jumantono, Wirtoman (60) Rt 01/Rw VIII ludes terbakar, Sabtu (11/5). Hasil panen dan perhiasan emas ikut musnah akibat kejadian itu.

"Istri korban bernama Piyem merebus air di dapur dengan tungku berbahan bakar kayu sekitar pukul 17.00 WIB. Lalu ditinggal ke dalam rumah. Ia berniat menyeduh teh panas dengan air itu. Usai menyalakan api, ia masuk ke rumah. Kemungkinan ia tidak menyadari api membesar dan menjilat barang di sekitarnya sampai menjalar ke atap," kata Kapolsek Jumantono AKP Joko Haryoto kepada KR, Minggu (12/5).

Korban menyadari rumahnya terbakar, justru dari suara teriakan tetangga. Mereka menyaksikan rumah bagian belakang itu menyala merah. Dari seharusnya menikmati sajian berbuka, para tetangga dan pemilik rumah malah berlarian mencari bantuan. Mereka tak sanggup menjinakkan api secara mandiri, sehingga meminta bantuan tim pemadam kebakaran. "Baru dapat dipadamkan satu jam kemudian, usai PMK tiba. Tidak ada korban jiwa. Hanya harta benda," katanya. 

Kerugian materi sampai jutaan rupiah. Di dalam lokasi terbakar, hanya menyisakan perabot mengarang. Selain itu, kebakaran juga memusnahkan 3 kuintal gabah kering, 2 kuintal beras,  delapan cincin emas, 10 buah gelang, mesin jahit dan uang tunai Rp 500 ribu. 
"Dua tim damkar ikut membantu. Padam sekitar pukul 18.30 WIB. Pemicunya, api dari tungku merembet ke tumpukan kayu," katanya. (Lim)