Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 12 Mei 2019 / 20:10 WIB

Kejutkan Warga, Buaya Muara Berkeliaran di Perairan Cilacap

CILACAP, KRJOGJA.com - Masyarakat Cilacap digemparkan dengan kemunculan buaya muara (Crocodylus Porosus) yang berkeliaran di sekitar perairan muara Bengawan Donan hingga Selat Nusakambangan. Kemunculan buaya itu dikuatkan dengan beredarnya video dan foto di media sosial dan sempat menjadi viral.  

Jika dilihat pada video dan foto tersebut buaya muara itu nampak tengah berenang di perairan sekitar dermaga penambangan batu kapur di Nusakambangan. Lokasi tersebut diketahui tidak jauh dari muara Bengawan Donan. Namun demikian, kemunculan buara muara tersebut sebenarnya tidak asing bagi warga Cilacap, terutama warga yang biasa pergi ke Kampung Laut, atau menangkap ikan maupun udang di perairan Segara Anakan, karena buaya sejenis pernah muncul hutan bakau sekitar perairan Sapuregel. 

 

Hanya saja, belakangan ini, keberadaan buaya muara tersebut jarang ditemukan. "Kendati demikian, kami telah mengimbau nelayan agar  mewaspadai kemunculan buaya muara di wilayah perairan Cilacap," ujar Ketua Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP) Kabupaten Cilacap, Tarmuji, Minggu (12/5/2019). 

Koordinator Polisi Kehutanan (Polhut) BKSDA Jateng Resor Konservasi Wilayah Cilacap, Endi Suryo Heksianto, mengatakan pihaknya masih berkonsultasi dengan pimpinan BKSDA terkait dengan tindakan yang akan dilakukan terhadap kemunculan buaya muara tersebut.

Menurutnya, pihaknya melakukan tindakan sementara di lapangan dengan memantau pergerakan buaya muara tersebut. Sehingga ketika buaya muara tersebut akan ditangkap,  pihaknya sudah memiliki data perilaku satwa tersebut.

“Kita ingin tahu perilaku buaya ini biasanya berada di mana, langkah berikutnya menunggu koordinasi dari pimpinan,” katanya.(Otu)