DIY Editor : Agus Sigit Minggu, 12 Mei 2019 / 00:37 WIB

Calhaj 2020 Jangan Terburu-buru Membuat Paspor, Ini Alasannya

SLEMAN,KRJOGJA.com - Kantor imigrasi kelas I TPI Yogyakarta mengimbau kepada calon jamaah haji yang akan mendaftar pada tahun 2020 untuk tidak terburu-buru dalam pembuatan paspor. Pasalnya proses perekaman berlangsung mudan dan cepat.

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Krismono mengatakan pengurusan paspor calon jamaah haji untuk tahun 2019 sudah rampung di daftarkan. Pihak kementerian agama hanya menunggu tahap pengurusan visa ke Kedaulatan Saudi Arabia.

"Sekitar lebih kurang 3200 jumlah total calon jamaah, yang membuat ada 2800," kata Krismono kepada wartawan pada saat meninjau pelayanan kantor imigrasian kelas I TPI Yogyakarta. Sabtu (11/05/19).

Untuk tahun 2020, pihaknya mempersilahkan kepada masyarakat calon jamaah untuk tidak terburu-buru dalam membuat paspor. Melihat penumpukan pemohon ditahun 2019 sudah rampung diproses.

"Sekarang para jamaah tidak buru-buru untuk mengurus lebih awal, karena tidak ada penumpukan lagi. Terlebih paspor juga berlakunya selama 5 tahun," tambahnya.

Sementara itu, pembuatan paspor jamaah juga dinilai mudah dan cepat karena terkadang pemohon calon haji ada yang lebih dulu melaksanakan ibadah lain yaitu Umroh.

"Jadi yang sudah buat tinggal nunggu panggilan dari ibadah hajinya," pungkasnya.  (Ive)