DIY Editor : Agus Sigit Jumat, 10 Mei 2019 / 16:47 WIB

Komunitas Social Soulmate UAD Jalan Pagi Bersama Pasien RS Grhasia

SLEMAN, KRJOGJA.com - Hal-hal kecil namun sangat positif coba dilakukan lima mahasiswa ini. Sebab, kelima mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Social Soulmate ini ikut terlibat membantu pelaksanaan kegiatan Jalan Pagi Bersama 12 Pasien RSJ Grhasia Pakem Sleman, Jumat (10/05/2019).

"Sebenarnya ini bukan tugas kuliah kami. Tetapi kami sendiri coba untuk mengaplikasikan ilmu kami di bangku kuliah untuk terjun langsung di masyarakat. Kami memilih bergabung di jalan pagi ini karena para pasien memang butuh disapa. Mereka juga kami ajak berinteraksi agar nanti saat pulang ke rumah dan kembali ke masyarakat mereka tidak kaget," ungkap Ketua Komunitas Social Soulmate Mulyadi Nasir.

Menurutnya, kegiatan jalan sehat yang rutin diadakan pihak rumah sakit tersebut untuk mengembalikan jiwa sosial pasien. Karena itulah para pasien diajak jalan kaki bersama dengan pendamping serta komunitas Social Soulmate mengelilingi desa sekitar. Tak hanya jalan kaki saja, tetapi para pasien juga coba berkomunikasi dengan warga sekitar.

Mulyadi yang datang bersama Norma, Atika, Amel dan Rifan menambahkan, kegiatan yang untuk melatih komunikasi pasien dengan dunia luar ini dapat membantu pasien untuk segera pulih dan melakukan kegiatan serta komunikasi bersama lingkungan barunya nanti.

Staf Rehabilitasi Mental RSJ Grhasia Syahrul mengungkapkan, kegiatan ini diikuti pasien yang sudah memasuki tahap stabil dan siap dipulangkan. "Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi RSJ dengan mempertimbangkan bagaimana respon pasien terhadap lingkungan luar, apakah benar-benar sudah siap untuk dipulangkan," tandasnya. (Adk)