DIY Editor : Ivan Aditya Jumat, 10 Mei 2019 / 11:57 WIB

1.508 Suara PPP Sleman yang ‘Hilang’ Akhirnya Ditemukan

SLEMAN, KRJOGJA.com - Sebanyak 1.508 surat suara perolehan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sempat hilang akhirnya bisa ditemukan kembali dalam rapat pleno KPU Sleman, Kamis (09/05/2019). Surat suara tersebut ternyata ‘tercecer’ dan masuk ke partai politik lain.

Ketua DPC PPP Sleman, HM Nasikhin mengatakan dari 2.929 surat suara perolehan partai, 1.508 surat suara diantaranya sempat hilang. Setelah dilakukan pengecekan ulang akhirnya ribuan surat suara telah ditemukan dan kembali kepada PPP. "Setelah buka kembali plano, dari 2.929 surat suara sudah kembali semuanya," kata Nasikhin seusai rapat plano.

Meskipun demikian Nasikhin tidak ingin menyebutkan kepada parpol mana surat suara milik PPP itu tercecer. "Kita menjaga etika pilitik, jadi kebenaranya kepada siapa itu tercecer, cukup jadi pemberitahuan saja," katanya.

Sementara menurut koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ikhsan mengungkapkan faktanya memang ada pergeseran suara dari partai satu ke partai lain. Bagaimanapun pihaknya akan menindak lanjut masalah tersebut.

"Kalau Bawaslu kan ada yang namanya laporan ada yang namanya temuan. Kalau temuan berarti kami yang menemukan. Nah itu terungkap dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi di Sleman ini," kata Arjuna.

Sementara pihaknya akan mengkaji dahulu melihat apa yang salah dalam rekapitulasi tersebut. "Faktanya seperti ini apakah masuk ke pelanggaran pidana apa kode etik atau administrasi yang pasti akan kami kaji," ucapnya. (Ive)