DIY Editor : Ivan Aditya Jumat, 10 Mei 2019 / 11:32 WIB

Kawanan Kera Serang Lahan Pertanian Warga

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Serangan kera ekor panjang (Macaca Fascicularis) kembali meresahkan warga di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Kawanan kera yang jumlahnya mencapai ratusan ekor menyerang lahan pertanian milik warga dan memakan tanaman pangan yang ada di ladang. Untuk mengantisipasi serangan kera ekor panjang makin meluas, warga pemilik lahan terpaksa berjaga-jaga di ladang untuk mengusir satwa tersebut.

“Saat ini ada berbagai jenis tanaman pangan, kacang tanah, kedelai, ketela dan jagung yang sebagian terancam gagal lantaran dirusak kawanan kera,” kata Sukat Dukuh Sureng, Purwodadi, Kecamatan Tepus.

Serangan kera yang terjadi kali ini memang cukup parah. Jika pemilik lahan tanaman pangan lengah binatang ini masuk ke ladang dan menyerang habis tanaman ketela pohon maupun tanaman pangan lainnya. Karena itu untuk mengantisipasi serangan lebih parah, secara bergilir para petani berjaga di ladang terutama setiap siang hari. Mereka melempari kera tersebut dengan menggunakan batu dan bunyibunyian seperti kentongan dan lainnya. (Bmp)