DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 09 Mei 2019 / 11:26 WIB

Kunjungan Wisatawan Domestik ke Yogya Sepi

YOGYA, KRJOGJA.com - Bulan Ramadan 1440 H kali ini, nampaknya seperti Ramadan tahuntahun sebelumnya yang mana terjadi penurunan jumlah wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Penurunan wisatawan yang datang ke DIY ini khususnya untuk yang domestik.

“Kita memahami karena pada awal bulan Ramadan, mereka lebih memfokuskan diri berpuasa bersama keluarga. Sehingga animo untuk bepergian cenderung menurun,” jelas Ketua ASITA DIY Udhi Sudiyanto.

Kondisi demikian memang selalu terjadi setiap awal Ramadan sehingga sudah bisa dimaklumi bersama. Namun di sisi lain, jumlah kedatangan wisatawan asing ke Yogyakarta sudah mulai nampak, di antaranya wisatawan asing dari Eropa.

“Meski mereka tidak datang secara langsung ke Yogyakarta tetapi lewat Jakarta kemudian ke Yogya. Untuk penurunan wisatawan domestik ini memang sudah lazim dan sudah diprediksi sebelumnya. Untuk hotel, mereka sekarang lebih fokus menjual paketpaket buka puasanya. Wisatawan domestik akan kembali ke Yogyakarta biasanya dua hari setelah Lebaran atau H+2,” papar Udhi. (Rdi)