Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 09 Mei 2019 / 15:09 WIB

Dua Pramuka Luar Biasa Disambut Bupati Juliyatmono

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -  Dua anggota Pramuka Luar Biasa Tuna Rungu asal Palembang, Sumatera Selatan, Kuswanto (43) dan M Kurniawan Saputra (32) disambut hangat Bupati Karanganyar, Juliyatmono di ruang kerjanya, Rabu (8/5). Setelah berswafoto dengan bupati, keduanya melanjutkan mengembara ke kota-kota berikutnya.

Via percakapan di kotak pesan ponsel, M Kurniawan mengaku lega dapat bertemu Bupati Juliyatmono. Ia bersama rekannya memutuskan berkelana keliling Indonesia dan luar negeri pada 2013 lalu. Mereka sebelumnya ditampung di sekolah luar biasa di kampung halamannya.  

‘Naik motor keliling Indonesia. Ke Karanganyar untuk silaturahmi ke bupati. Enam tahun ini’ ujar M Kurniawan seperti yang ditulisnya di papan ketik ponsel.

Gawai nirkabel itu kemudian ditunjukkannya agar dapat memahami maksud kedatangannya. Butuh waktu tunggu dua hari bagi keduanya untuk bisa bertemu Juliyatmono secara langsung. Setelah berswafoto dengan orang nomor satu di Pemkab Karanganyar itu, keduanya menunggu staf di kantor tersebut mencetak surat keterangan jalan. Isinya menerangkan dua anggota pramuka tuna rungu itu telah bertemu Bupati Juliyatmono.

M Kurniawan menulis, ia belum pulang ke kampung halamannya sejak mengembara pada 2013 lalu. Namun, pria ini berencana mudik pada lebaran tahun ini. Dalam buku berisi gambar swafoto dengan pejabat dan kepala daerah di kota/kabupaten yang disinggahinya, dicantumkan pula kata-kata penyemangat dari tokoh-tokoh tersebut. (Lim)