Peristiwa Editor : Ivan Aditya Rabu, 08 Mei 2019 / 19:36 WIB

Rp 20 Triliun Bakal Digelontorkan untuk THR PNS

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bakal menggelontorkan anggaran Rp20 triliun untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). THR PNS akan dibagikan pada 24 Mei 2019, sementara gaji ke-13 pada Juni 2019.

"Anggaran total (THR PNS) sekitar Rp20 triliun. Jadi insyaallah 24 Mei sudah bisa laksanakan sesuai dengan proses yang sekarang ini sudah berjalan dan nanti untuk gaji ke-13 pada bulan selanjutnya," ucap Ani, sapaan akrab Sri Mulyani di kantornya, Rabu (08/05/2019).

Kendati sudah menyiapkan anggaran Ani mengatakan kementeriannya masih memproses pembentukan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang menjadi aturan turunan dari pencairan THR dan gaji ke-13 pada PNS. Namun, Peraturan Pemerintah (PP) yang menjadi payung hukum induk pencairan sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "PMK kami selesaikan hari ini. Sesudah itu kementerian, lembaga, dan daerah sudah bisa mulai melakukan proses yang mengajukan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ani berharap pencairan THR  dan pemberian gaji ke-13 PNS bisa memberi kontribusi bagi perekonomian nasional. Sebab, THR dan gaji ke-13 bisa dijadikan penambah amunisi konsumsi masyarakat, meski suntikan ini hanya bersifat musiman. "Jadi bisa membantu masyarakat secara keseluruhan, terutama pada kegiatan sekitar bulan Ramadan dan hari raya nanti," ujarnya. (*)