Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 09 Mei 2019 / 07:37 WIB

Bulog Banyumas Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok

PURWOKERTO,KRJOGJA.com -  Guna menjaga stabilitas harga kebutuhan bahan pokok, menjelang Lebaran 2019, Bulog Sub Divre Banyumas menggelar pasar murah di empat kabupaten di wilayah eks Karesidenan Banyumas.

"Pasar murah mulai digelar, hari ini Rabu (8/5/2019) di Tanalun, Rembang, Purbalingga,"kata Kepala Bulog Sub Divre Banyumas, Sony Supriyadi, kepada KRJgja.com Rabu (8/5/2019).

Menurutnya  bahan pokok yang disediakan 1 ton bawang putih, 50 ribu liter minyak goreng,8 ton tepung trigu, 3 ribu kilogram daging kerbau, dan 30 ribu kilogram gula pasir. Untuk harga minyak goreng dijual per 1 liter Rp 10 ribu hingga 11 ribu, bawang putih jenis kating Rp 50 ribu per 1 kg, daging kerbau Rp 80 ribu per 1 kg, dan gula pasir Rp 11 ribu per 1 kg, dan tepung trigu Rp 8.500 per 1 kilogram. 

Pasar murah yang digelar tersebut merupakan  kerjasama dengan empat Pemkab yakni Pemkab Banyumas,Purbalingga, Cilacap dan Banjarnegara. Untuk Kabupaten Cilacap rencananya akan digelar di 27 kecamatan,kemudian Banjarnegara akan digelar di Alun alun  pada tanggal 21 hingga 22 Mei, dan Banyumas rencana akan di Tanggeran, Somagede.

Diharapkan dengan adanya pasar murah, maka akan mampu menstabilkan harga kebutuhan bahan pokok, karena harganya jauh dibawah harga pasaran. Selain itu masyarakat juga bisa memenuhi kebutuhan bahan pokok dan bisa merayakan lebaran, karena harganya jauh dibawah harga pasaran. (Dri)