DIY Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 09 Mei 2019 / 00:10 WIB

Momen Padusan, PAD Pantai Selatan Capai Rp 244 Juta

BANTUL, KRJOGJA.com - Pada momen padusan menjelang ramadan beberapa waktu lalu, Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi Pantai Selatan mencapai Rp 244 juta.  Adapun PAD ratusan juta rupiah tersebut diperoleh hanya dalam kurun waktu satu hari saja selama momen padusan.

Kepala Dinas Pariwisata, Kwintarto Heru Prabowo, Rabu (8/5) mengakui saat padusan pengunjung kawasan Pantai Selatan mencapai puluhan ribu pengunjung. "Dalam seharian pada Minggu (4/5) lalu PAD retribusi mencapai Rp 244 juta. Ini menunjukkan animo wisatawan berkunjung ke pantai selatan terutama kawasan Parangtritis masih cukup tinggi. PAD retribusi ini dari Parangtritis, Samas dan kawasan pantai selatan Bantul. Namun di antara obwis lain, parangtritis memang paling banyak," jelasnya.

Berdasarkan data, total jumlah wisatawan yang ada di Pantai Selatan yang tercatat ada 25.040 pengunjung. Dengan rincian, wisatawan yang berkunjung di pantai Parangtritis ada 19.830, pantai Samas tercatat 2.600 pengunjung. Sementara kawasan pantai Samas ke barat ada sekitar 5000-an pengunjung. "Biasanya wisatawan bermain air namun adajuga yang hanya duduk santai menunggu sunset atau matahari terbenam,"tambah Kwintarto.

Terpisah, Komandan Search And Rescue (SAR) Satlinmas Pantai Parangtritis Ali Sutanto mengatakan pada hari Minggu lalu terjadi lonjakan wisatawan cukup signifikan di kawasan pantai Parangtritis. Diperkirakan jumlah wisatawan mencapai 4 kali lipat. "Pada momen padusan kemarin kami mengerahkan sekitar 69 personel SAR Parangtritis dibantu dengan potensi SAR lain dalam upaya pengamanan wisatawan disepanjang pesisir pantai selatan," jelas Ali. (Aje)