Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 08 Mei 2019 / 16:30 WIB

Dua Kades Terpilih Gagal Dilantik, Ini Sebabnya

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Pelantikan kepala desa (Kades) terpilih hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap dua tahun 2019 Kabupaten Purworejo, berkurang dua calon kades. Dua cakades terpilih tidak bisa dilantik karena meninggal dunia.

“Dari 343 desa yang menggelar Pilkades, terpaksa hanya 341 Kades terpilih yang dilantik karena dua orang meninggal dunia,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Perdesaan (Dispermades) Purworejo Agus Ari Sediyadi SSos di sela-sela pelantikan Kades hasil Pilkades serentak tahap dua tahun 2019 di pendapa rumah dinas bupati Purworejo, Rabu (8/5/2019).

Sedang dua kades terpilih yang meningal dunia itu Ponijan, Cakades Kedung Mulyo Kecamatan Butuh dan Suparjo Cakades terpilih Desa Dlisen Wetan Kecamatan Pituruh.

“Calon Kades Kedung Mulyo yang seharusnya ikut di lantik hari ini, meninggal karena kecelakaan,” kata Camat Butuh Wasit Diono SSos.

Dengan meninggalnya dua orang Cakades itu, kini dua desa itu belum bisa memiliki kades baru, dan harus menunggu pada putaran Pilkades berikutnya.

Pada kegiatan palantikan ini Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM meminta kepada para Kades terlantik untuk segera melaksanakan serah terima jabatan pada hari itu juga dengan difasilitasi para camat. Serah terima jabatan tidak hanya mencakup penyerahan stempel dan cap kades maupun kendaraan operasional, namun harus jelas tentang tanggung jawab pejabat baru dengan pejabat lama sehingga tidak menghambat kegiatan pemerintah desa yang selalu dinamis.(Nar)